Jumat, Juli 4, 2025
Home Agenda Kegiatan
by admin

PROGRAM KERJA MAHKAMAH SYAR’IYAH IDI TAHUN 2025

 

  1. MANAJEMEN PERADILAN
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
1 Penyusunan planning kinerja organiasi yang efektif dan efisien Satker memliki program dan kegiatan yang akan dijadikan acuan bagi kinerja seluruh pegawai

MS Idi

1. Pengesahan Program kerja tahun 2025 2 Januari 2025 100 % Tim

Proker/Kasubag

PTIP

 

Ketua
2. Penyusunan program kerja tahun 2025 Desember 2025 100 % Tim

Proker/Kasubag PTIP

Ketua
3. Menyusun target Indikator kinerja untuk Perjanjian Kinerja Tahun 2025 Desember 2025 100% Kasubag

PTIP/Panmud Hukum

Ketua
4. Menyusun RAKKL Tahun 2025 November 2025 100 % Sekretaris Ketua
                     
2 Menata ulang

Job Description

Pegawai dan

Peta Organisasi

MS Idi

Setiap pegawai mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing. 1. Menerbitkan Surat Keputusan (SK) Ketua dan Pejabat terkait untuk tahun 2025 2 Januari 2025 100 % Kasubag

Kepegawaian & Ortala

Ketua
2. Menetapkan Job description untuk setiap pegawai. Januari 100 % Kasubag

Kepegawaian & Ortala

Ketua
3. Mengadakan

sosialisasi Job

Description dan SK

Penujukan Ketua

Minggu ke 2 Jabuari 2025 100 % Kasubag

Kepegawaian & Ortala

Ketua
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
                 
3 Pengendalian

Risiko Melalui

Manajemen Risiko Yang efektif dan efisien

Satker dapat mengantisipasi risiko-risiko yang sedang dan atau akan terjadi. 1. Melakukan identifikasi Risiko Tahun 2025 Januari 2025 80 % Kasubag PTIP Wakil Ketua
2. Melakukan Monitoring

Risk

Register/Pengendalia n Peluang

Per Triwulan

(Maret, Juni,

Setember,

Desember)

70 % Kasubag PTIP Wakil Ketua
3. Melakukan review dan            
        evaluasi terhadap peluang tahun 2025 Januari 2025 100 % Kasubag PTIP Wakil Ketua
                 
4 Terwujudnya

Kinerja Berbasis

SOP

Setiap kinerja dan layanan harus  mengacu pada SOP

yang telah ditentukan

1. Mengidentifikasi SOP baru yang dibutuhkan Satker Februari 2025 100 % Wakil, Panitera, Sekretaris Ketua
2. Melakukan Revie SOP dan mengusulkan perbaikan (apabila dibutuhkan) Juni dan

Desember

100 % Wakil, Panitera, Sekretaris Ketua
3. Uji Petik SOP Maret 2025 100 % Wakil, Panitera, Sekretaris Ketua
                     
5 Pembangunan

Zona Integritas

Menuju WBK

1. Terbentuknya Tim Kerja 1. Membentuk Tim

Pembangunan Zona

Integritas sesuai

prosedur/mekanisme yang jelas

Januari 100 % Wakil Ketua Ketua
2. Membuat Rencana

Kerja (Rencana Aksi)

Pembangunan ZI

Januari 100 % Koordinator Area Wakil Ketua
3. Mensosialisasikan Proses Pembangunan ZI kepada masyarakat Januari –

Februari

100 % Wakil Ketua Ketua
2. Melakukan monitoring dan evaluasi 1. Melaksanakan

evaluasi terkait pembangunan ZI

April, Juli,

Agustus dan

Desember

70 % Wakil Ketua

(Ketua Tim

Pembangunan

Ketua
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
    Pembangunan

Zona Integritas

secara berkala     ZI)      
3. Membentuk Pola

Pikir dan

Budaya Kerja

 

 

 

 

 

1. Penetapan Role Model (Khusus Pimpinan) 2 Januari 2025 100 % Wakil Ketua Ketua
2. Pemilihan Agen Perubahan Januari 2025 100 % Wakil Ketua Ketua
3. Penyusunan Program kerja Agen Perubahan Januari 2025 100 % Tim Agen Perubahan Wakil Ketua
4. Penyusunan Inovasi dari Agen perubahan Februari 2025 100 % Tim Agen Perubahan Wakil Ketua
5. Evaluasi Implementasi Inovasi. Per Triwulan 100 % Tim Agen Perubahan Wakil Ketua
6. Penandaanganan Komitmen  Bersama dan Pakta Integritas Januari 2025 100 % Kasubag Kepegawaian Ketua
                     
6 Meningkatkan

Kualitas

Pembinaan dan

Pengawasan

Evaluasi Kinerja Obrik melalui peran Hakim Pengawas Bidang 1. Pelaksanaan

Pengawasan oleh

Hakim Pengawas

Bidang

Setiap

Triwulan

(Maret, Juni,

September,

Desember)

100 % Hawasbid Wakil Ketua
2. Tindak Lanjut Hasil

Pengawasan oleh

Obrik terkait

Setiap

Triwulan

(Maret, Juni,

September,

Desember)

100 % Obrik Wakil Ketua
Adanya pengendalian gratifikasi dan terbebas dari benturan kepentingan 1. Kegiatan public campaign; Februari 100 % Hawabid Wakil Ketua
2. Sosialisasi terkait aturan menghindari benturan kepentingan Maret 100 % Hawasbid Wakil Ketua
Tertanganinya laporan pengaduan 1. Sosialisasi tata cara pengaduan Februari 2025 80 % Wakil Ketua Ketua
2. Tindak lanjut pengaduan Insidentil setiap ada 100 % Wakil Ketua Ketua
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
        masyarakat pengaduan          
Tersampaikannya arahan kebijakan dan informasi kepada seluruh pegawai 1. Pembinaan rutin seluruh pegawai Tiga Minggu Sekali 90 % Pimpinan Ketua
2. Pembinaan khusus Hakim Satu tahun dua kali 100 % Pimpinan Ketua
3. Pembinaan khusus Kepaniteraan Satu tahun dua kali 100 % Pimpinan Ketua
4. Pembinaan khusus kesekretariatan Satu tahun dua kali 100 % Pimpinan Ketua
                     
7 Monitoring dan Evaluasi Kinerja Kinerja satker dapat terpantau dan dapat di evaluasi setiap periodik 1. Mengadakan rapat evaluasi bulanan Setiap awal bulan 70 % Pimpinan Ketua
2. Mengadakan Rapat

Koordinasi Pimpinan,

Hakim, Panitera dan

Sekretaris

Januari, Juni,

Desember

100 % Pimpinan Ketua
3. Mengadakan Rapat koordinasi Khsuus Bagian kepaniteraan Satu tahun dua kali 100 % Panitera Ketua
4. Mengadakan Rapat            
        koordinasi khusus bagian kesekretariatan Satu tahun dua kali 100 % Sekretaris, Sekretaris
5. Megadakan Rapat            
        Akbar Evaluasi Akhir Tahun Desember 100 % Pimpinan Ketua
6. Mengadakan rapat

evaluasi pelaksanaan Posbakum

Setiap Tri Semester 100 % Panitera, Hakim Pengawas Panitera
                 
8 Meningkatkan kualitas Pelayanan

Publik

Pengunjung disuguhkan

fasilitas untuk menunjang kebutuhan mereka ketika berkunjung

1. Menyediakan fasilitas air minum gratis bagi pengunjung. Setiap Hari Rabu 100 % Kasubag Umum Sekretaris DIPA
2. Menyediakan pojok baca Setiap Hari 100 % Kasubag Umum Sekretaris DIPA
3. Menyediakan TV Setiap Hari 100 % Kasubag Umum Sekretaris DIPA
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
    ke MS Idi   Hiburan            
4. Menyediakan fasilitas, penggandaan berkas            
        (fotocopi), pembayaran biaya perkara (Agen BSI) dan layanan Pos (untuk Nazagelen) Februari 80 % Sekretaris/ Panitera Wakil Ketua
5. Menerapkan Layanan PTSP Online Januari 60 % Layanan Informasi Panitera/ Kasubag PTIP
Adanya monitoring dan evaluasi pelayanan publik 1. Mengadakan Survei

Kepuasan Pelanggan

(SKM) dan Survei

Indeks Persepsi

Korupsi (IPK)

Setiap Triwulan 100 % Tim SKM Wakil Ketua
2. Mengadakan Evaluasi Hasil SKM dan IPK Setiap Triwulan 100 % Wakil Ketua Ketua
3. Membuat Tindak

lanjut hasil Evaluasi SKM dan IPK

Setiap Triwulan 100 % Wakil Ketua Ketua
4. Mengadakan briefing rutin mingguan di bagian PTSP Setiap Minggu 100 % Pelaksana sesuai jadwal Wakil Ketua
                     

 

  1. TEKNIS YUSTISIAL
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
1

 

 

 

 

Percepatan penyelesaian

perkara

 

 

Terwujudnya persidangan yang sederhana, cepat dan biaya ringan 1. Persidangan pertama digelar maksimal 10

hari setelah pendaftaran.

Setiap hari 100 % Ketua Majelis Ketua
2. Penyelesaian perkara            
 

 

 

 

  perceraian dan permohonan kurang Setiap hari 95 % Majelis Hakim Ketua Majelis    
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
 

 

 

 

    dari 1 bulan            
3. Penyelesaian perkara            
 

 

 

 

 

 

    kebendaan kurang dari 3 bulan Setiap Hari 80 % Majelis Hakim Ketua Majelis    
4. Pernyelesaian            
 

 

 

 

 

 

    perkara jinayat kurang dari 2 bulan Setiap Hari 90% Majelis Hakim Ketua Majelis    
5. Penyelesaian beban            
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    perkara sampai dengan akhir tahun 2025 minimal 95 % Setiap hari 95 % Majelis Hakim Ketua    
6. Memaksimalkan proses mediasi dengan            
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    mengupayakan adanya kesepakatan di setiap mediasi, baik berhasil seluruhnya atau sebagian Setiap Hari 20 % Hakim Mediator Ketua    
Tertatanya administrasi persidangan yang tertib, cepat dan efektif 1. One Day Minutation

Berkas Perkara di SIPP

Setiap Hari 100 % Ketua Majelis Ketua    
2. One Day publish

Putusan di rangking SIPP 100 %

Setiap Hari 100 % Majelis Hakim Wakil Ketua    
3. Penyerahan berkas            
        dari PP ke Panmud maksimal H+3 hari setelah putus Setiap Hari 90 % Panitera Pengganti Panitera    
4. Alih Media berkas,maks H+4 setelah putus Setiap Hari 100 % Petugas Aih Media Panmud Hukum    
5. Jahit berkas perkara, H+7 setelah putus Setiap Hari 90 % Petugas Jahit Panmud Hukum    
6. Pengarsipan berkas di ruang arsip, 1 hari Setiap Hari 90 % Petugas Arsiparis Panmud Hukum    
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
        setelah BHT            
                     
2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Optimalisasi

Pelayanan Prima dalam penanganan

perkara

 

 

 

 

 

 

 

 

Tersedianya akses pelayanan peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan bagi masyarakat pencari keadilan khususnya masyarakat

terpinggirkan

 

 

1. Terserapnya anggaran biaya prodeo oleh masyarakat secara tepat sasaran Setiap Hari 90 % Panitera Ketua DIPA 04 22.500.000
2. Koordinasi dengan pihak terkait untuk persiapan

pelaksanaan sidang di luar gedung

Januari 100 % Panitera/Tim Humas Panitera
3. Pelaksanaan sidang diluar gedung Januari – Agustus 100 % Majelis Hakim Ketua DIPA 04 31.500.000
4. Koordinasi dan            
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  verifikasi pendaftaran isbat nikah layanan terpadu. April 100 % Panmud Permohonan Panitera
5. Pelaksanaan Sidang

Isbat dalam

Pelayanan Terpadu

Juni –

November

100 % Majelis Hakim Ketua DIPA 04 25.600.000
6. Tersedianya Layanan Posbakum Januari 100 % Posbakum Panitera DIPA 04 50.000.000
7. Tersedianya layanan            
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    informasi dan Penyerahan produk Pengadilan di tempat lokasi sidang diluar gedung Setiap Jadwal Sikel 80 % Petugas

Layanan

Produk

Tim Agen

Perubahan/

Panitera

 

Tersedianya aturan yang jelas

dalam penanganan perkara

 

 

1. Mengadakan rapat koordinasi untuk

menyamakan

persepsi terkait prosedur beracara yang masih memiliki disparitas

Februari 100 % Wakil Ketua Ketua
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
 

 

   

 

 

 

  pemahaman antar sesama hakim maupun dengan

tenaga teknis lainnya

           
2. Menyediakan kompilasi referensi aturan terkait penanganan perkara di layanan PTSP Maret 100 % Panitera/

Kasubag

Kepegawaian & Ortala

Wakil Ketua
3. Rapat koordinasi berjenjang bulanan bidang kepaniteraan  

Januari

100 % Pegawai

Kepaniter aan

 

Panitera

 

 

                     
3

 

 

 

 

Optimalisasi

Persidangan

Secara

Elektronik

 

Pemanfaatan Teknologi dalam mempercepat dan

mempermudah persidangan

1. Penataan Peralatan elektronik untuk persidangan elektronik Januari 100 % Kasubag Umum Sekretaris
2. Melaksanakan            
 

 

 

 

 

 

 

 

    persidangan elektronik via Zoom (apabila diminta) Insidentil 100 % Majelis Hakim Ketua
3. Penggunaan antrian            
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    sidang melalui aplikasi antrian sidang Rutin 100 % Security Panitera
4. Mengadakan mediasi secara elektornik (apabila diminta) Insidentil 100 % Hakim Mediator Ketua
Pemakaian

Aplikasi untuk mempercepat pembuatan BAS dan Putusan

1. Membuat tempelete putusan yang seragam. Maret 80 % Wakil Ketua Ketua
2. Menambah blankoblanko putusan dalam aplikasi ABT Insidentil 100 % Wakil Ketua Ketua
3. Menambah blankoblanko BAS yang Insidentil 100 & Wakil Ketua Ketua
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
      belum tersedia dalam aplikasi ABT            
5. Input data saksi            
      sebelum persidangan dilaksanakan Rutin 100 % Panitera Sidang Panitera

 

  1. ADMINISTRASI KEPANITERAAN
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber

Anggara n

Jumlah Anggaran
1

 

 

 

Penataan ulang sistem administrasi Kepaniteraan Terwujudnya

tertib administrasi keperkaraan

1. Menata arsip-arsip formulir kepaniteraan Januari 100 % Tenaga

Kepaniteraan/ Arsiparis

Panitera
2. Mencetak akta cerai            
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  tepat waktu pada hari pertama BHT (CG) dan mencetak akta cerai setelah sidang ikrar talak (CT) Setiap Hari 100 % Petugas

Layanan

Produk

Panitera
3. Memberikan salinan putusan kepada para pihak Setiap Hari 90 % Petugas

Layanan

Produk

Panitera
4. Menyerahkan Salinan            
      Putusan Jinayat kepada Penyidik, Jaksa maksimal 2 hari setelah sidang putusan. Setiap Hari 90 % Petugas

Layanan

Produk

Panitera
5. Menata ulang            
      penempatan arsip perkara yang masih berjalan Februari 100 % Arsiparis Panitera
6. Penataan ulang ruang/rak  arsip Februari 100 % Umum/Arsiparis Panitera/Sekre

taris

No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber

Anggara n

Jumlah Anggaran
        perkara            
2 Pemanfaatan Teknologi dalam Penataan Sistem adminitrasi di kepaniteraan Tersimpannya data-data keperkaraan secara elektronik 1. Penggunaan aplikasi, ketika para pihak mengambil akta cerai

(aplikasi Sisipan MS

Idi)

Januari 100 % Petugas

Layanan

Produk

Panitera
2. Penggunaan tanda tangan elektronik oleh pimpinan dan pejabat            
        kepaniteraan dalam tata persuratan maupun penandatangan dokumen Maret 90 % Tim TI/ Kasubag PTIP Panitera
3. Upload BAS ke SIPP            
        maksimal 2 hari setelah sidang putus. Rutin 90 % Panitera Sidang Ketua Majelis
4. Upload relaas            
        panggilan ke SIPP sehari sebelum sidang. Rutin 90 % JS/JSP Ketua Majelis
5. Mengirimkan            
        panggilan delegasi melalui SIPP (delegasi) Rutin 100 % Koordinator Delegasi Panitera
      6. Mempublish panggilan Ghoib di Medias Sosial dan website MS Idi Rutin 100 % Juru Sita/Tim TI Panitera
                     
3 Terwujudnya pengelolaan keuangan perkara secara

baik

Terciptanya pengelolaan keuangan perkara yang akuntabel dan transparan 1. Membuat laporan pertanggung jawaban keuangan perkara secara berkala Rutin 100 % Kasir Panitera
2. Melakukan penyetoran PNBP setiap minggu Rutin 100 % Bendahara Penerimaan Sekretaris
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber

Anggara n

Jumlah Anggaran
      3. Pencairan uang            
      panggilan pada hari pelaksanaan pemanggilan Rutin 100 % Kasir/JS/JSP Panitera
4. Penyerahan sisa panjar kepada para            
      pihak sesuai dengan SE Dirjan Badilag No 2 Tahun 2021 Rutin 100 % Kasir Panitera

 

  1. BAGIAN PERENCANAAN, TI DAN PELAPORAN
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
1 Melaksanakan penyusunan program kerja dan anggaran Terciptanya planning organisasi yang realistis, terukur dan terstruktur 1. Mensosialisasikan program kerja tahun 2025 Januari 100 % Wakil Ketua Ketua
2. Memberikan data terkait monitoring pelaksanaan kegiatan program kepada pimpinan Setiap Akhir Bulan 100 % Kasubag PTIP Ketua
3. Memfasilitasi untuk            
        penyususnan program kerja tahun 2025 November- Desember 100 % Kasubag PTIP Ketua
4. Menghimpun data            
        dari semua bidang untuk pembuatan laporan pelaksanaan kegiatan tahun 2025 Desember 100 % Tim Panitia/

Kasubag PTIP

Ketua
                     
2 Pengembangan

Inovasi berbasis

Memudahkan

kinerja aparatur dengan penggunaan

1. Pembuatan aplikasi baru, minimal 2 aplikasi dalam satu Juli – Agustus 100 % Kasubag PTIP Sekretaris
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
  aplikasi aplikasi tahun            
                   
3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peningkatan pelayanan informasi melalui website dan

media sosial

 

 

 

 

 

Masyarakat dapat mengetahui informasi-informasi seputar MS Idi melalui platform medsos dan website

MS Idi

 

 

 

 

1. Meng upload datadata yang wajib di tampilkan di website MS IDI Rutin 100 % Admin Website Kasubag PTIP
2. Membuat banner ucapan selamat, ucapan lelayu, info perkara dsb di medsos dan website Insidentil 80 % Designer Kasubag PTIP
3. Membuat daftar ucapan selamat HUT,            
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hari nasional dll sebagai acuan pembuatan banner di medsos Insidentil 80 % Designer Kasubag PTIP
4. Membuat informasi            
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

terkait  data perkara dan realisasi anggaran melalui medsos setiap bulan Setiap Bulan 100 % Designer Kasubag PTIP/Humas
5. Membuat banner iklan seputar            
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

informasi keperkaraan, prosedur berperkara dll, untuk ditampilkan di tv media Januari 100 % Designer Tim

Humas/Kasubag PTIP

6. Mengadakan kerjasama dengan            
 

 

 

 

 

 

 

 

media berita online lokal atau nasional untuk pemberitaan seputar MS IDI Februari 100 % Tim Humas Kasubag PTIP
7. Membuat Tim Maret 100 % Tim Humas Kasubag PTIP
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
        Podcast MS IDI            
8. Membuat

pemberitaan digital

           
        dan konten-konten

medsos seputar MS IDI

Januari 100 % Tim Humas Kasubag PTIP
                     
4 Penyusunan

Laporan Tepat

Waktu

Pembuatan laporan kegiatan dilakukan sesuai dengan waktu

yang telah ditagetkan.

1. Menghimpun, menyusun dan menganalisa laporan pelaksanaan tugas masing-masing sub bagian

kesekretariatan dan kepaniteraan untuk dimuat di website

Rutin 100 % Kasubag PTIP Sekretaris/ Panitera
2. Menyiapkan dan melaksanakan            
        evaluasi monitoring pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran. Rutin 100 % Kasubag PTIP Sekretaris/ Panitera
3. Menghimpun, menyusun dan mengkoordinasikan penyusunan Laporan pelaksanaan kegiatan            
        dan Dokumen SAKIP (

LKJIP, IKU, Reviu

RenIdia, Perjanjian

Kinerja Tahunan,

Rencana Kegiatan

Tahunan ), Laporan

Kinerja Tahunan

Insidentil 100 % Kasubag PTIP Sekretaris/ Panitera
4. Menyusun perkembangan Per Triwulan 100 % Kasubag PTIP Wakil Ketua
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
      rangking Triwulan Satker            
                   

 

 

  1. BAGIAN KEPEGAWAIAN DAN ORTALA
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meningkatkan kinerja

aparatur

mahkamah dan peningkatan

koordinasi

 

 

 

Terwujudnya kinerja aparatur mahkamah yang

optimal

 

 

 

 

 

 

1. Menyusun jadwal

Petugas Apel Senin

Pagi dan Apel Jumat

Sore

Januari 100 % Kasubag Kepegawaian Sekreteris
2. Mengkoordinir pembuatan SKP Pegawai Setiap Triwulan 100 % Kasubag Kepegawaian Ketua
3. Menyusun laporan absensi pegawai Rutin 100 % Kasubag Kepegawaian Sekreteris
4. Menyusun laporan            
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  kepada pimpinan terkait kedisplinan pegawai Rutin 100 % Kasubag Kepegawaian Wakil Ketua
5. Membuat Draft Surat            
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Keputusan (SK)/Draft Surat Keluar yang dibutuhkan Pimpinan Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Ketua
6. Membuat Daftar Induk SK Rutin 100 % Kasubag Kepegawaian Ketua
7. Membuat arsip surat secara digital Rutin 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
8. Memperbaharui Job Desk pegawai Januari 100 % Kasubag Kepegawaian Ketua
                     
2

 

Peningkatan kualitas SDM Aparatur Mahkamah

Syar’iyah Idi supaya

1. Memfasilitasi keikutsertaan aparatur Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
 

 

 

 

Mahkamah

 

 

 

bisa menambah knowledge terkait tupoksinya  sehingga bias meningkatkan profesionalitas dalam kinerjanya sehai-hari   dalam mengikuti berbagai Diklat, Pelatihan dan melanjutkan study.            
2. Membuat time schedule dan memfasilitasi

kegiatan  DDTK bagi  tenaga teknis  kepaniteraan dan kesekretariatan.

April,

September,

November

100 % Kasubag Kepegawaian Ketua
3. Melaksanakan study            
        banding ke instansi lain terkait kinerja, inovasi dll. Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Ketua
                     
3 Peningkatan mutu pelayanan dan kesejahteraan pegawai Pegawai terlayani dalam pengurusan kebutuhan adminiIdiasi pribadinya untuk peningkatan karir dan kesejahteraan 1. Membuat draft surat keputusan kenaikan gaji berkala Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
2. Mengusulkan kenaikan pangkat Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
3. Mendata dan mefasilitasi pegawai untuk ujiam dinas kenaikan pangkat Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
4. Memfasilitasi Acara            
        Pelantikan/Pengambil an Sumpah Pejabat/Pegawai Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
5. Membuat Surat Tugas untuk Perjalanan            
        Dinas biasa/Sidang di luar

gedung/Pelaksanaan Descente/Pelaksanaan Eksekusi dsb.

Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
6. Memproses surat izin Insidentil 100 % Kasubag Sekretaris
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
        cuti bagi pegawai yang

mengajukan permohonan.

    Kepegawaian      
7. Memproses Pengsulan

KARPEG,

KARIS/KARSU

Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
8. Mengajukan usulan            
        penghargaan Satya Lancana Karya Satya bagi Pegawai yang memenuhi kriteria. Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
9. Mengajukan pembuatan Taspen dan BPJS bagi Pegawai Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
                     
4 Kodifikasi

Peraturan Perundangundangan Yang berkaitan dengan tupoksi Satker

Mengumpulkan berbagai macam peraturan yang ada kaitannya dengan tupoksi Mahkamah

supaya memudahkan

pencarian peraturan tersebut.

1. Mengumpulkan seluruh peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan Tupoksi Mahkamah Februari 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
2. Membuat, menerbitkan dan mengkodefikasi Regulasi Pimpinan MS

Idi (SK,SP,SE,

Memorandum dll)

Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Ketua
3. Menyusun Program Kerja dan petunjuk            
        praktis penyelenggaraan adm. Kedinasan (juklak, juknis) Insidentil 100 % Kasubag Kepegawaian Ketua
                     
5 Peningkatan pengelolaan data Adanya update data pegawai secara berkala dan 1. Mengupdate database seluruh pegawai MS IDI (SIKEP, SIMPEG, ABS, Januari 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
  kepegawaian berkelanjutan. Komdanas)            
2. Menyimpan, menata dan            
      memelihara file pegawai pada            folder/laptop pegawai Rutin 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
3. Menerbitkan peta kekuatan SDM MS Idi Januari 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
4. Membuat dan menyajikan data statistik kepegawaian            
      dalam bentuk media publikasi meliputi monografi pegawai, DUK, KGB, Pensiun,

Idiuktur Organisasi

Rutin 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
5. Memantau,            
      mengevaluasi   dan

melaporkan

implementasi   PKP

Pegawai MS IDI

Rutin 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
6. Memperbaharui foto            
      pegawai pada profil pegawai di website MS

IDI

Januari 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
7. Memperbaharui name            
      teg pegawai di meja kerja dengan menambahkan uraian tugas pegawai tersebut. Februari 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
                   
6 Peningkatan pengembangan karir pegawai Terciptanya jejang karir yang dinamis berbasis kinerja 1. Melakukan    analisis jabatan Januari 100 % Kasubag Kepegawaian Ketua
2. Melaksanakan         sidang Baperjakat Insidentil 100 % Tim Baperjakat Wakil Ketua    
3. Menyampaikan usul mutasi jabatan Insidentil 100 % Tim Baperjakat Wakil Ketua
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
      struktural/fungsional ke Dirjen Badilag/Biro Kepegawaian untuk

Jabatan                melalui                 MS

Aceh

           
                   
7. Melengkapi atribut pegawai dan

alat peraga kepegawaian

Seluruh pegawai dapat memakai atribut sesuai dengan ketentuan yang berlaku 1. Mengkoordinir pembelian baju korpri untuk ASN Maret 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
2. Melakukan himbauan dan pengawasan supaya seluruh            
      pegawai memakai atribut (pakaian, pin, sepatu dll) sesuai dengan yang telah ditetapkan. Rutin 100 % Kasubag Kepegawaian Sekretaris
3. Membuat SK terkait ketentuan seragam

kantor MS Idi

Januari 100 % Kasubag Kepegawaian Ketua
      4. Membuat papan daftar nama Hakim dan

Pejabat

Januari 100 % Kasubag

Kepegawaian/

Kasubag

Umum

Sekretaris
                   

 

  1. BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
1

 

 

 

Pencegahan penyalahgunan narkoba di lingkungan MS

Idi

Terbebasnya pegawai MS Idi dari narkoba Mengadakan test narkoba bagi pegawai MS Idi Juli 100 % Sekretaris Ketua  

DIPA 01

 

5.200.000
                   
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
2 Optimalisasi anggaran untuk Pemeliharaan gedung Terpeliharanya gedung kantor dan

meningkatkan fasilitas untuk pelayanan publik.

1. Perbaikan

atap/genteng    gedung yang bocor;

Februari 100 % Kausbag Umum Sekretaris  

 

 

DIPA 01

(523111)

 

 

161.280.000

 

 

2. Perbaikan Plavon ruang kepaniteraan dan pemasangan

exhause toilet

Februari 100 & Kasubag Umum Sekretaris
3. Pengecetan di ruang kepaniteraan     dan ruang tunggu sidang. Februari 100 % Kasubag Umum Sekretaris
4. Buat Pantry dan

Wastafel Portable

Maret 100 % Kasubag Umum Sekretaris
5. Perbaikan Pintu

Semua Ruangan.

Maret 100 % Kasubag Umum Sekretaris
                     
3. Optimalisasi anggaran untuk pemeliharaan

Halaman

Kantor

Terciptanya halaman kantor yang bersih, rapih dan nyaman untuk pengunjung; 1. Pemasahan paving block parkir mobil pengunjung. Maret 100 % Kasubag Umum Sekretaris DIPA 01 (523111) 76.00.000
2. Penambahan area perkir mobil pegawai

dan

Maret 100 % Kasubag Umum Sekretaris
3. pengecatan line parker dan penataan parkir Maret 100 % Kasubag Umum Sekretaris
4. Lampu Taman April 100 % Kasubag Umum Sekretaris
5. Penghijauan area taman kantor

(Penanaman pohon)

2 Pohon 100 % Kasubag Umum Sekretaris
6. Pangkas rumput

halaman kantor

Setiap Bulan 100 % Kasubag Umum Sekretaris
7. Pembuatan Gazebo di halaman kantor April 100 % Kasubag Umum Sekretaris
                     
4 Optimalisasi anggaran untuk pemeliharaan Pemenuhan fasilitas rumah dinas dan pemeliharaan 1. Perbaikan peralatan rumah dinas yang sudah rusak. Januari 100 % Kasubag Umum Sekretaris DIPA 01 (523119) 14.000.000
No Program Kerja Sasaran   Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
  rumah dinas bangunan rumah dinas                
                     
5 Optimalisasi anggaran untuk pemeliharaan

Barang Milik

Negara

Peralatan kantor seperti kendaraan, AC, computer dll supaya lebih terawat 1. Membuat Time

Schedule pemeliharaan AC

Januari 100 % Kasubag Umum Sekretaris DIPA 01 (523121)
2. Pemeliharaan kendaraan dinas roda

4 (2 unit).

Insidentil &

Sesuai Time Schedule

100 % Kausbag Umum Sekretaris 58.000.000
3. Pemeliharaan kendaraan dinas roda

2 (5 unit).

Insidentil &

Sesuai Time Schedule

100 % Kausbag Umum Sekretaris 10.000.000
4. Pemeliharaan PC (8

unit)

Insidentil 100 % Kausbag Umum Sekretaris 6.000.000
5. Pememiharaan laptop

(20 unit)

Insidentil 100 % Kausbag Umum Sekretaris 15.000.000
6. Pemeliharaan AC Split (20 unit) Insidentil &

Sesuai Time Schedule

100 % Kausbag Umum Sekretaris 12.200.000
7. Pemeliharaan Printer Januari 100 % Kausbag Umum Sekretaris 11.730.000
8. Pemeliharaan genset & bahan bakar Insidentil 100 % Kausbag Umum Sekretaris 8.577.000
                     
6 Mengoptimalka n belanja barang operasional satker Terpeuhinya kebutuhan operasional satker sehingga memberikan kelancaran terhadap kinerja sehari-hari 1. Pemeliharaan/langgan an daya dan jasa Telp Insidentil 100 % Kausbag Umum Sekretaris DIPA 01 1.080.000
2. Langganan web hosting Januari 100 % Kausbag Umum Sekretaris
3. Langganan Internet Januari 100 % Kausbag Umum Sekretaris 168.000000
4. Lisensi Video Conference Januari 100 % Kausbag Umum Sekretaris 3.000.000
5. Membuat Budgeting            
        Pengelolaan Keuangan Untuk Belanja keperluan kantor Januari 100 % Kausbag Umum Sekretaris
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
      6. Belanja barang            
      keperluan Kantor Sehari-hari perkantoran Insidentil 100 % Kausbag Umum Sekretaris DIPA 01 74.556.000
7. Pengadaan buku bacaan untuk ruang tunggu pengunjung Februari 100 % Kausbag Umum Sekretaris
8. Air Minum untuk pengunjung Rutin 100 % Kausbag Umum Sekretaris
9. Penjili dan Dokumen Insidentil 100 % Kausbag Umum Sekretaris  
10. Pengiriman surat dinas Insidentil 100 % Kausbag Umum Sekretaris   16.200.000
                     
7 Pemenuhan

Hak hak Pegawai secara rutin dan on time

Terpenuhinya hakhak pegawai di lingkungan MS Idi secara ontime 1. Pencairan gaji, tunjangan dan THR Hakim serta dan

Pegawai

Rutin 100 % Kasubag Keuangan Sekretaris DIPA 01 2.974.166.0 00
2. Pencairan gaji dan THR tenaga honorer Rutin 100 % Kasubag Keuangan Sekretaris DIPA 01 416.442.000
3. Pembelian          seragam pegawai Februari 100 % Kasubag Keuangan Sekretaris DIPA 01 18,024.000
4. Pencairan           bantuan sewa rumah dinas bagi Hakim Setiap Bulan 100 % Kasubag Keuangan Sekretaris DIPA 01 32.400.000
                     
8 Penertiban

Barang Milik

Negara

Terlaksananya

tertib adminiIdiasi

BMN

1. Penghapusan BMN

yang rusak berat

Februari 100 % Kausbag Umum Sekretaris
2. Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN Juni 100 % Kausbag Umum Sekretaris
3. Labelisasi BMN yang belum terlabelisasi Januari 100 % Kausbag Umum Sekretaris
                     
9 Kebersihan Kantor, Terjaganya kebersihan kantor 1. Mengadakan jumat bersih di minggu 1 dan Rutin 100 % Kausbag Umum Sekretaris
No Program Kerja Sasaran Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Target Pelaksana Penanggung Jawab Sumber Anggaran Jumlah Anggaran
  Olahraga, dan Peringatan hari besar dan kesehatan pegawai 3            
2. Mengadakan jumat sehat di minggu ke 2 dan ke 4 (Senam) Rutin 100 % Kausbag Umum Sekretaris
3. Lomba 17 Agustus dan HUT MA RI 2022 Agustus 100 % Kausbag Umum Wakil Ketua
4. Restukturisasi

pengurus             dan        role

           
      system PTWP, IKAHI, KOPERASI, IPASPI, ZAKAT dan SOSIAL

Satker

Januari 100 % Kausbag Umum Ketua
                   

 

Hubungi Kami

Lokasi

© 2025 TIM IT MS IDI